Wakil Bupati Meranti Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018

Wakil Bupati Meranti Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018

Meranti(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim memimpin upacara Gelar Pasukan Operasi Ketupat Muara Takus 2018, kegiatan dalam rangka sinergitas Polri dan instansi terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1439 H di Kepulauan Meranti. Dipusatkan dihalaman Mapolres Kepulauan Meranti, Rabu pagi (6/6/18).

Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. La Ode Proyek, Asisten I Sekdakab. Meranti Drs. Jonizar, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready, Kasatpol PP Meranti H. Joko, Danramil Sepatpanjang Mayor TNI Bisma Tambunan, Perwakilan Kejari Meranti, Ketua MUI Meranti H. Mustafa, Perwakilan TNI AL dan lainnya.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan pasukan dan penyemangatan tanda pita kepada perwakilan satuan. Oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. La Ode Proyek

Selanjutnya penyampaikan amanat Kapolri oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti, terkait atensi Operasi Ketupat 2018 diseluruh wilayah Indonesia.

“Kegiatan ini salah satu operasi kepolisian terpisat dan serentak diseluruh Polda serta jajaran selama 18 hari, mulai 7-24 Juni 2018,” ujar Wakil Bupati.

Untuk kegiatan tersebut akan melibatkan setidaknya 173 ribu personil yang terdiri dari unsur Polri TNI, Pemda, Stake Holder dan elemen lainnya.

Adapun beberapa hal yang menjadi antensi Operasi Ketupat 2018 menurut amanat Kapolri adalah, pertama stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan agar tetap terjaga dan tidak terjadi kelangkaan, salah satunya mengantisipasi upaya penimbunan dan menaikan harga oleh mafia pangan.

Kedua kelancaran dan keselamatan arus mudik dan balik, di Meranti sendiri menurut Wakil Bupati H. Said Hasyim berada diwilayah pelabuhan Buton.

“untuk itu seluruh personil diminta melakukan pemantauan secara cermat, optimalkan pelayanan pada pos pengamanan, terpadu dan cek poin,” ujar H. Said Hasyim.

Ketiga bencana alam dan gangguan Kamtibmas lainnya, seperti Curat, Curas, Curanmor, pencurian rumah kosong, begal dan hipnotis, untuk itu diminta kepada Kasatwil untuk mengambil langkah yang diperlukan. Dan yang tak kalah penting koordinasi dengan pihak Basarnas dalam mengatasi bencana alam.

Keempat tindak pidana terorisme, dalam kasus ini personil pengmanan diminta untuk terus meningkatkan deteksi inteligen yang diimbangi dengan penegakan hukum tegas melalui Satgas anti teror diseluruh Polda dan jajaran. Perkuat pengamanan pada lokasi strategis. Dan terus tingkatkan kerjasama dengan TNI dan Stake Holders terkait.

Sekedar informasi, dalam kegiatan Apel Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Muara Takus 2018 di Mapolres Kepulauan Meranti, juga dilakukan Pemusnahan barang bukti berdasarkan hasil razia minuman keras dan miras oplosan oleh Kepolisian Polres Meranti. Diantara yang dimusnakan adalah 120 paket mercun, 82 kaleng minuman tak berizn merek Heineken, 32 Miras Tuak, beberapa minuman merek Stout Angker, Bakardi, Red Label, Countreu dan lainnya.

Pemusnahan barang bukti hasil tangkapan operasi tersebut, dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati H. Said Hasyim bersama Kapolres Kepulauan Meranti AKBP. La Ode Proyek serta Muspida yang hadir.

Selain itu juga dilakukan deklarasi, pernyataan dari Pemerintan Kabupaten Kepulauan Meranti, Kepolisian, TNI, Ormas, Tokoh Masyarakat dan Agama untuk mensukseskan Asean Games XVIII, Jakarta-Palembang 2018.***(Dham)