Ratusan Rumah di Rohul Masih Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Rohul Masih Terendam Banjir

Rohul(SegmenNews.com)-‎ Hingga saat ini ratusan rumah masyarakat sejumlah desa di Kabupaten Rokan Hulu masih terendam banjir.

Bahkan, kini banjir sudah meluas, dan merendam akses Jalan Utama Tuanku Tambusai di Desa Babussalam Kecamatan Rambah, sehingga kendaraan roda dua tidak lagi bisa melintas karena dikepung banjir.

Dari informasi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rohul, Suparno S.Hut, banjir di Desa Rantau Binuang Sakti dan Desa Ulak Patian yang sempat memutuskan akses jalan, dan sudah berangsur surut Rabu (7/11/2018).

Bahkan, banjir juga merendam ratusan rumah di dua desa di Kecamatan Kepenuhan dampak meluapnya aliran Sungai Batang Lubuh, serta dampak tingginya curah hujan di wilayah Rohul akhir-akhir ini.

Diakui Suparno, akses ke Desa Rantau Binuang Sakti dan Desa Ulak Patian putus karena banjir menggenangi badan jalan antara 3 kilometer sampai 4 kilometer, dengan ketinggian air antara 50 centimeter hingga 90 centimeter. Selain itu, banjir juga mengisolir sekitar 227 kepala keluarga (KK) di Desa Rantau Binuang Sakti, dan sekira 126 KK di Desa Ulak Patian.

“Tim BPBD Rohul sudah persiapkan peralatan untuk penanganan banjir di Kecamatan Kepenuhan,” kata Suparno, Rabu, dan mengakui pihaknya sudah membangun tenda pengungsian di dua desa di Kecamatan Kepenuhan, namun warga memilih mengungsi ke rumah keluarganya.

Kata Suparno, terkait penanganan bencana banjir di Desa Rantau Binuang Sakti dan Desa Ulak Patian, BPBD Rohul‎ berkerja sama dengan pihak terkait, seperti TNI, Polri, PMI, Puskesmas, serta pemerintah Kecamatan Kepenuhan dan pemerintahan desa.

Baca Juga: BPBD Rohul Kehabisan Stok Bahan Pokok Bantuan Korban Banjir

Kemudian, selain banjir di dua desa di Kecamatan Kepenuhan, sambung Suparno, banjir juga masih merendam puluhan rumah di Desa Lubuk Soting Kecamatan Tambusai. Meski genangan mulai surut, namun masih menggenangi daerah yang rendah.***(fit)