Pemkab Rohul Safari Ramadhan di 16 Kecamatan

Rohul(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), gelar kegiatan Safari Ramadhan di 16 Kecamatan se-Rohul, kegiatan itu merupakan agenda tahunan setiap bulan suci Ramadhan 1440 hijriyah, selain sebagai ajang silaturrahmi juga sebagai menyerap aspirasi masyarakat.
Pada Ramadhan ke 3, Pemkab Rohul gelar Safari Ramadhan Pemkab Rohul perdana dipimpin Sekda  Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si yang mewakili Bupati Rohul H. Sukiman di Masjid Tawakkal, Desa Pendalian, Kecamatan Pendalian IV Koto, Rabu (8/5/2019) malam.

Dikegiatan Safari Ramadhan itu, juga dihadiri Kakan Kemenag Rohul Drs H. Syahrudin M.Sy, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Rohul Gorneng S.Sos M.Si, Kepala Dinas dan Badan dijajaran Pemkab Rohul, Ketua Baznas Rohul Drs H. Armen ZA, Ketua DWP Rohul Hj Nety Herawati Haris, Camat Pendalian IV Koto Afkar S.Sos, Kepala Desa Pendalian Muliadi AMd dan masyarakat Pendalian IV Koto.

Pada Safari Ramadhan, diawali dengan berbuka puasa bersama, dilanjutkan shalat Tarawih dan Witir. Dikegiatan Safari Ramadhan itu, tokoh  masyarakat Desa Pendalian Muliadi Amd berharap ke Pemkab Rohul, agar memperhatikan keberadaan lembaga kerapatan adat dan ninik mamak di Pendalian IV Koto.

“Karena petuah dan adat istiadat disini masih kental, dengan adanya lambaga adat ini dapat juga membantu Pemdes dan Pemkab dalam menyelesaikan konflik horizontal di tengah masyarakat. Besar harapan kami ke Pemkab Rohul untuk mengakomodir bantuan kegiatan lembaga kerepatan adat,”  harap Muliadi.

Sebut Muliadi, kegiatan adat-istiadat di Desa Pendalian memang sudah dianggarkan di APBDes, namun tidak seberapa serta juga untuk Lembaga Pendidikan PAUD dan TK diakomidir Pemdes.

“Dulu bisa kita pernah rasakan bantuan anggaran dari Pemkab, untuk pelaksanaan kegiatan adat disini seperti Belimau Adat, tradisi lebaran kedua dan ketiga masih eksis kita laksanakan adat istiadat nenek moyang kami, Pemdes hanya bisa menganggarkan Rp2 juta,” sebut Muliadi

Kemudian, selain masalah lembaga kerapatan adat, Muliadi yang juga Kepala Desa Pendalian berharap ke Pemkab untuk meningkatkan sarana dan prasarana dibidang Pendidikan dan Infrastruktur. Pasalnya Warga sudah menghibahkan 1 Hektar lahan untuk pembangunan SDN 009 Pendalian.

Juga berharap, Pemkab Rohul meningkatkan sarana air bersih dan membangun Infrastruktur jalan dalam ibukota sepanjang 2 KM, mulai dari Simp 3 Sungai Siasam hingga Patok Seribu Desa Sei Kandis yang masih berstatus Jalan Kabupaten, karena disaat musim panas jalannya berdebu dan jika musim hujan jalannya berlumpur.

Sikapi hal itu, Sekda  Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si yang mewakili Bupati Rohul H. Sukiman mengaku, nantinya aspirasi masyarakat akan disampaikan ke Bupati Rohul. Dikatakan Sekda, melalui Safari Ramadhan ini diharapkan dapat membuka komunikasi dan memperlancar silaturrahmi.

Mengenai aspirasi masyarakat untuk bantuan kegiatan adat, Infrastruktur dan Pendidikan, Sekda Rohul menjelaskan, bahwa Pemkab Rohul melalaui APBD 2019 ini akan tingkatkan sarana dan prasarana pendidikan SMP 2 Pendalian, Pemagaran Sekolah 02 Suligi.

Kemudian, Kegiatan fisik Pembangunan sarana SDN 01 Pendalian, SDN 002 Pendalian. Sementara dari Dinas PUPR Rohul melakukan Peningkatan jalan bengkolan Salak – Sei Kandis dengan angaran Rp3,6 miliar, Pembanguann Drainase di Pendalian senilai Rp200 juta, Pembangunan pagar Kantor Kepala Desa Sei Kandis.

“Termasuk seminisasi jalan lingkungan bukit Suligi, Ppembangunan drainase Desa Pendalian, Suligi, dengan estimasi total anggaran Rp1.958.000.000 untuk pembangunan di Kecamatan Pendalian IV Koto,” kata Abdul Haris

Diakui Sekda, kondisi keuangan Pemkab yang terbatas dibagi setiap desa agar sama dapat dan dibangun secara berangsur. Selain itu Pemkab juga membantu untuk Kecamatan Pendalian IV Koto melalui ADD lebih kurang Rp7,5 miliar, melalui ADD ini sangat berdampak positif untuk merubah desa dan meningkatkan pembangunan di Desa.

Abdul Haris meminta masyarakat, untuk mengikuti program Pemerintah dan Pemkab Rohul dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, seperti program replanting sawit di atas 25 tahun. Program itu sudah banyak dimanfaatkan kelompok tani seperti di Desa Bencah Kesuma, Kecamatan Kabun, Desa Kumain Kecamatan Tandun dan Desa Bukit Intan Makmur Kecamatan Kunto Darussalam.

“Program Replanting Kelapa Sawit Rp25 juta per 2 Hektar, yang ditransfer langsung ke Koperasi, Desa-Desa di Rohul sudah banyak memanfaatkannya, lebih kurang Rp56 miliar dana replanting ini sudah digulirkan ke kelompok tani di Rohul. Selain itu, program perkebunan padi, jagung dan kedelai (Pajale), Dinas TPH Rohul menyedian 100 Hektar untuk bibit dan Pendampingan,” kata Sekda.

Dikegiatan itu,  Pemkab Rohul juga serahkan bantuan 30 Al Quran, Santunan Anak Yatim dan Sembako dari K3S Rohul Dinsos P3A Rohul. Sementara dari dari BAZNAS Rohul Distribusi Zakat Konsumtif, Bantuan Rumah Sehat Layak Huni 1 unit senilai Rp45 juta dan santunan anak yatim. (Adv/Pemkab Rokan Hulu).