Zardewan : Pesantren Sebagai Laboratorium Perdamaian

Pelalawan(SegmenNews.com)- Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan, MM menyebutkan bahwa pesantren adalah sebagai laboratorium perdamaian.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2019, di halaman kantor Bupati Pelalawan, Selasa (22/10/19) kemarin. Sebelumnya ia membacakan sambutan Sekretaris Jenderal Menteri Agama Republik Indonesia M Nur Kholis Setiawan tentang HSN yang bertemakan ‘Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia’.

“Isu perdamaian diangkat berdasar fakta bahwa sejatinya pesantren adalah laboratorium perdamaian sebagai laboratorium perdamaian, pesantren merupakan tempat menyemai ajaran Islam rahmatanlilalamin, Islam ramah dan moderat dalam beragama,” ungkap Wabup Zardewan.

Diambahkannya, sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat yang plural dan multikultural. Dengan cara seperti inilah keragaman dapat disikapi dengan bijak serta toleransi dan keadilan dapat terwujud.

“Semangat ajaran inilah yang dapat menginspirasi santri untuk berkontribusi merawat perdamaian dunia,” tambahnya.***(Ris)