BBKSDA Riau Terus Lakukan Pemantauan Gajah Seruni di Mandau

BKSDA Riau Terus Lakukan Pemantauan Gajah Seruni di Mandau

Pekanbaru(SegmenNews.com)- BBKSDA Provinsi Riau terus melakukan pemantauan gajah seruni dan seekor anaknya di Kecamatan Mandau.

Berdasarkan informasi dari BKSDA Riau, awalnya gajah seruni berada di areal Polsek Mandau, Selasa, 3 Desember 2019. Polsek tersebut berdekatan dengan Green Belt Chevron, satu hamparan dengan kawasan hutan Talang dan merupakan bagian dari Suaka Margasatwa (SM) Balai Raja.

Dua ekor gajah tersebut sudah dua bulan terakhir selalu memunculkan diri di sekitar komplek Chevron, sejak gajah Dita ditemukan mati. Namun mereka tidak mengganggu manusia dan mereka memang penghuni hutan Talang.

Rabu, 4 Desember 2019 dini hari sekitar jam 04.00 WIB, kedua Gajah tersebut bergerak dari lokasi awal menuju areal Chevron dengan membobol pagar pembatas jalan yang berada tepat di samping Polsek Mandau (gate 2 Chevron).

Beberapa petugas Balai Besar KSDA Riau terlihat melakukan pemantauan  kedua Gajah tersebut dan rutin berkoordinasi dengan petugas Polsek Mandau dan aparat Kecamatan Mandau.

Sekira pukul 14.00 WIB  Gajah kembali terlihat melintas jalan Chevron, tepat 15 meter dari gate 2 Chevron ke arah utara menuju green belt Chevron.

Sosialisasi terus dilakukan pihak BBKSDA agar konflik antara satwa dan manusia dapat dihindarkan.***(rls)