HKN ke-55 Pemkab Rohul Komit Tingkatkan Layanan Kesehatan

Rohul(SegmenNews.com) – Momentum Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Rohul.

Dengan mendukung dan melaksanakan Program Pemerintah dibidang Kesehatan seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Dengan harapan, dari pelaksanaan program tersebut bisa membuka seluas-luasnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Negeri Seribu Suluk.

Pernyataan itu dikatakan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman usai Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55, di Halaman Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Rabu (4/12/2019).

Peringatan HKN Ke-55 Tahun 2019 ini dengan mengusung tema “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”, dihadiri sejumlah pejabat teras di Lingkungan Pemkab Rohul, Waka Polres Rohul Kompol Willy Kartamanah AKS SIP M.Si.

Kajari Rohul Ferddy Daniel Simanjuntak SH M.Hum, Kakan Kemenag Rohul Syahrudin, Ketua PN Pasir Pengaraian Sunoto SH MH, Perwakilan Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian,

Selin itu, Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si serta Kepala OPD Rohul, Camat, Kepala Desa, Insan Kesehatan dan tamu undanga lainnya.

Pada upacara Peringatan HKN Ke-55 tahun 2019, Bupati Rohul H. Sukiman Membacakan Pidato Menteri Kesehatan RI, Peringatan HKN tahun ini ada dua isu kesehatan utama yang menjadi arahan Presiden untuk segera diselesaikan, yaitu Stunting dan “Jaminan Kesehatan Nasional.

Hal itu menjadi penting karena fokus arah pembangunan adalah membangun sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas.

Selain itu ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.

“Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” sebut Bupati Sukiman saat membacakan sambutan Menkes RI.

Usai upacara Peringatan HKN, Bupati Rohul H. Sukiman kepada wartawan, Rabu (4/12/2019) Ia mengucapkan Selamat Hari Kesehatan Nasional Ke-55 Tahun 2019.

Bupati Sukiman mengucapkan terima kasih kepada insan kesehatan di Rohul, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor Rohul serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam mensukseskan program kesehatan di Rohul.

Terkait Stunting yang menjadi isu nasional, Mantan Dandim Inhil ini mengaku angka stunting di Rohul sudah turun, berkat Komitmen Pemkab Rohul dan Instansi terkait melaksanakan program dan terobosan dalam menekankan angka stunting.

“Untuk itu, salah satu kunci dari pencegahan stunting di Rohul, kepada Diskes Rohul dan OPD terkait telah membuat program dan terobosan, seperti pemeriksaan berat badan dan tinggi badan anak dan memenuhi kebutuhan gizi dalam masa 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di Desa-Desa yang terkena Stunting di Rohul,” katanya

L
Pada kesempatan itu, Bupati Sukiman juga mendeklarasi Gema Cermat (Gerakan masyarakat Cerdas Menggunakan Obat. Gema Cermat sebuah upaya agar masyarakat memiliki pengetahuan penting terkait penggunaan obat. untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan pemahaman masyarakat bahwa menggunakan obat secara benar adalah hal yang sangat penting.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rohul dr Bambang Triono mengaku Diskes Rohul dr Bambang Triono mengatakan dalam penanganan stunting di Rohul, Diskes Rohul sudah melakukan kegiatan-kegiatan seperti pemberian tablet tambah darah pada anak sekolah tingkat SD dan SMP terutama untuk putri remaja putri.

“Kemudian untuk ibu hamil dilakukan pemeriksaan pertama sampai ke-4, Kemudian untuk bayi balita kita lakukan imitasi itu sebagai upaya untuk penanggulangan stunting di Rohul,” kata Bambang

Terkait Gema Cermat yang di Deklarasikan oleh Bupati Rohul, Bambang mengaku sebagai upaya khususnya di bidang farmasi dan obat-obatan karena selama ini masyarakat menggunakan obat itu tidak sesuai aturan dan masyarakat juga membeli bebas di pasar.

“Harapannya dengan Gema Cermat ini setiap obat yang dibeli masyarakat dan aturan mengkonsumsi obat itu harus melalui Apotek, jadi dengan begitu obat bisa dikontrol dan penggunaan obat bisa secara rasional digunakan,” kata Bambang.

Dikegiatan itu, Bupati Sukiman juga memberikan penghargaan kepada insan kesehatan di Rohul, seperti Dokter, Perawat, Apoteker, Kepala Desa dan Perusahaan yang peduli dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Rohul.***(ADV/Pemkab Rohul)