Bupati Pimpin Upacara Hari Anak Nasional dan Bela Negara di Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Bupati Kabupaten Rokan Hulu, H Sukiman memimpin upacara Hari Anak Nasional dan Hari Bela Negara ke-71, Kamis (19/12/19).

Upacara diikuti seluruh Kepala dinas, Kades, Kepsek, TNI, Sartpol-PP, para guru, dan para siswa.

Dalam amantnya, Sukiman menyampaikan nilai-nilai bela negara, yang meliputi cinta tanah air kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara bangsa dan negara serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur dalam bela negara yang disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat.

Disampaikannya lagi, secara umum serta dilandasi Sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar, dengan demikian, bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual namun sudah menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta Sinergi bersama secara terus-menerus .

“Kita akan terus membangun segala infrastruktur yang diperlukan untuk kemajuan mencetak lapangan kerja, mendorong peningkatan sumber daya pembangunan reformasi birokrasi pemerintahan, namun sekali lagi yang paling utama sumber daya manusia yang unggul demi kemajuan Indonesia.  Sikap dan perilaku bela negara maka pengelolaan negeri kita yang besar dan luas dengan sumber daya alamnya yang melimpah akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan,” katanya.

“Maka jelaslah bahwa penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus-menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tampa memandang usia, suku, agama dan ras sebagai hak dan kewajiban setiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang” sampainya.

Sukiman mengatakan,  kedepan ia  kita mengharapkan agar aksi nasional bela negara di kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematis dan masif dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya.

Dengan demikian, bagi yang berbakti dalam birokrasi pemerintah mereformasi diri, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan publik yang belajar dan mengajar telah meningkatkan kearifan dan pengabdian masyarakat berbasis nilai-nilai kebangsaan kita yang meliputi cinta tanah air.

Acara ditutup dengan pengukuhan forum anak kabupaten dan forum anak kecamatan se-kabupaten rokan hulu, penyerahan penghargaan, dan pementasan pentas seni.***(ADV/Pemkab Rohul)