Pemkab Rohul Peringati Hari Ibu ke-91

Rohul(SegmenNews.com)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu memperingati Hari Ibu ke-91, Jum’at (20/12/19) di halaman kantor bupati. Hari Ibu kali ini mengangkat tema ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’.

Ketua PKK Rohul, Peni Herawati membacakan sejarah singkat Hari ibu, bagaimana ibu adalah wanita yang sudah memberikan kehidupan untuk seorang anak dengan melahirkan dan mengajarkan tutur kata lembut terhadap anaknya.

Sementara itu, Bupati H. Sukiman menyampaikan amanatnya, bahwa pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019.

Ia mengajak semua pihak mengenang perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki.

Hal itu mengingat keduanya merupakan sumber daya manusia dan potensi yang turut menentukan keberhasilan pembangunan.

“Peringatan Hari Ibu sudah setiap tahunnya dilakukan mengingatkan seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda akan arti dan makna hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa penggalangan rasa satuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia Untuk itu sebagai apresiasi Indonesia dan diperingati setiap tahunnya baik di dalam maupun di luar negeri perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang dituntut untuk sadar dan aktif untuk meraih kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan ,” kata Sukiman.

Sukiman mendorong pihak memberikan perhatian pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor, baik itu pembangunan, dan pada akhirnya memberikan keyakinan yang besar.

Bahwa perempuan akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya, serta mengembangkan segala potensi dan kemampuan sebagai motor penggerak.

Sekaligus agen perubahan dalam rencana pembangunan jangka menengah, atau RPJMN tahun 2020-2024, diantaranya difokuskan untuk memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing revolusi mental.

Dan pembangunan kebudayaan untuk itu perempuan harus turut aktif mengambil peran pembangunan tersebut.

Dipenghujung upacara hari ibu ketua pkk, Peni Herawati mengatakan ia bersama dengan ibu-ibu serohul bersatu ikut membangun pemerintah dengan memiliki kesetaraan yang sama dengan laki-laki hingga membuat beberapa iven dalam memeriahkan hari ibu.

“Adapun kegiatan iven yang telah kami lakukan sosialisasi seminar tindak kekerasan perempuan dan anak, lomba P2WKSS juara 1 tingkat Provinsi, dan KSI juara 3 tingkat Provinsi. Jadi pesan saya mari kita meningkatkan sumber daya manusianya dengan bisa mensejahterakan keluarganya agar keluarganya menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warohma, ” kata Peni Herawati.

Penyerahan bantuan dari dinas sosial pemkab rohul yang diserahkan bupati rohul, H. Sukiman bersama Peni Herawati terhadap orang yang Distabilitas berupa tongkat, kursi roda, kaki palsu dan alat bantu pendengaran.***(fit/ADV Pemkab Rohul)