Peningkatan Jalan Bernilai Miliaran di Pelalawan Dinilai Tak Sesuai Spesifikasi

Peningkatan Jalan Bernilai Miliaran di Pelalawan Dinilai Tak Sesuai Spesifikasi (foto: Riski)

Pangkalan Kerinci(SegmenNews.com) – Wajah kota Pangkalan Kerinci dipugar pada tahun 2019, anggaran sebesar Rp. 8,8 Miliar dikucurkan untuk pembangunan peningkatan jalan atau pengaspalan di sejumlah titik didalam maupun diluar kota.

Ironisnya, hal ini tidak sebanding dengan besarnya uang Negara yang dihabiskan, pasalnya proyek ini tidak sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Dari informasi yang rangkum SegmenNews.com proyek miliaran itu dikerjakan PT. Vira Jaya Riau Putra dengan konsultan pengawas teknisnya adalah PT. Bina Cipta Jaya Sejati.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) LSM Monitor Penyelenggara Negara Wilayah Riau, Devit Amriadi, menurutnya pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi tersebut sudah dipantau oleh pihaknya sejak dimulainya pekerjaan.

Dalam hal ini banyak tahapan-tahapan yang dikerjakan kontraktor yang menyalahi aturan.

Begitu juga dengan konsultan pengawas disebutkan, Devit tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya untuk mengawasi pekerjaan dengan memakan anggaran hampir puluhan miliar tersebut.

“Kita sudah melakukan pemantauan pekerjaan fisik ini dari awal dan kita melihat proyek ini diselesaikan tidak sesuai dengan spesifikasi yang dituangkan dalam pekerjaan,” ungkapnya.

Dijelaskan Devit, bahwa dalam pekerjaan eksisting (subgread) pekerjaan yang dipantaunya tidak melalui tahapan pemadatan (dunsity test).