Wabup Meranti dan Kapolda Riau Teleconference Soal Karhutla

Meranti(SegmenNews.com)-Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman, menggelar Teleconfrence dengan Kapolda Riau Irjend Pol Agung Setya Iman Efendi, Senin (10/2/2020), bertempat di Mapolres. Teleconfrence tersebut terkait penanggulangan Karhutla.

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Wakil Kepala Polisi Daerah (polda) Riau Brigjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan, Irwasda Polda Riau Kombespol Moh Zainul Mutaqin.

Sementara di Kepulauan Meranti hadir Kapolres Meranti AKBP. Taufiq Lukman, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison dan Jajaran.

Polda Riau menjelaskan terkait wacana kunjungan Kapolri bersama Panglima ABRI ke Provinsi Riau, Rabu (12/2/2020).

“Pastikan tidak ada penugasan pejabat utama keluar daerah dan semua jajaran bersiap mengambil langkah kongkrit dilapangan,” ujar Kapolda.

Diantara yang menjadi prioritas dikatakan Kapolda Riau adalah melakukan verifikasi Hotspot untuk memastikan kevalidtan data titik api.

Dicontohkan Kapolda saat ini diwilayah Sungai Apit, Siak terdapat 5 Hotspot, ia mengintruksikan untuk masalah verifikasi itu dapat dilakukan diawal kerja yakni pukul 7.00 Wib. Sehingga diketahui titik api yang sudah di verifikasi dan belum diberifikasi agar dapat ditentukan langkah selanjutnya.

Kedua Riau siap menghadapi Karlahut, target harus mampu memberikan keyakinan kepada pimpinan bahwa Jajaran TNI dan Polri diseluruh Riau siap melakukan antisipasi dan penganggulangan Karlahut.

“Pastikan Polda dan Jajaran siap dan yakin menghadapi Karlahut. Seperti yang telah dilakukan selama 2 buoan terakhir ini dimana Riau sukses mengadapi Karlahut yang terjadi diwilayah masing-masing,” ujar Irjend. Pol. Agung Setya Iman.

Selanjutnya Kepada perusahaan perkebunan Kapolda juga meminta tim kebakaran perusahaan siap siap menghadapi Karlahut baik personil maupun peralatan.

Dari hasil Teleconfrence antara Kapolres Meranti dan Wakil Bupati bersama Kapolda Riau, terungkap menurut rencana Kapolri dan Panglima TNI akan mengunjungi beberapa titik di Kabupaten/Kota mulai dari Posko Karlahut, Titik Rawan Karlahut dan Cek Kesiapan Personil TNI/Polri.

Untuk pembangian Kabupaten yang dikunjungi Meranti masuk dalam Zona 4 bersama Pekanbaru dan Siak.

Menyikapi intruksi Polda Riau kepada Jajarannya disetiap Polres dan Polsek yang ada di Riau untuk mengantisipasi dan menanggulangi Karlahut, disambut baik oleh Pemda Meranti dalam hal ini Wakil Bupati H. Said Hasyim. Ditegaskan Wabup, Pemda Meranti sejak jauh hari telah mengintruksikan semua OPD terkait hingga Kecamatan dan Desa untuk bersiap menghadapi Karlahut dimusim kemarau ini.

Upaya yang dilakukan dengan menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat akan bahaya melakukan pembakaran lahan, selain itu telah mempersiapkan personil dan peralatan Karlahut disetiap Kecamatan dan Desa.

“Pada intinya kita siap bersama-sama TNI dan Kepolisian untuk mengatisipasi dan penanggulangan Karlahut, kita juga berharap dukungan dari masyarakat dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu terjadinya Karlahut,” ujarnya mengakhiri.***(Ags)