Gubernur Syamsuar Ingatkan OPD Segera Umumkan RUP 2020

Pekanbaru(SegmenNews.com)– Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau untuk segera mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) kegiatan tahun 2020.

“Saya sudah dapat laporan dari pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Riau masih banyak OPD yang belum mengumumkan RUP,” kata Gubri Syamsuar kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Karenanya, Gubri mengingatkan OPD untuk segera umumkan RUP. Apalagi untuk masalah pengadaan sudah menjadi perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya ingatkan segeralah RUP diumumkan. Ini juga menjadi masukan KPK, mereka memonitor nilai pengadaan nampak belum tinggi. Salah satu penilaian KPK, RUP ini diumumkan sedikit-sedikit. Apa salahnya diumumkan semuanya RUP. Ini yang saya minta pimpinan OPD ini agar diumumkan segera,” tegasnya.

“Mudah-mudahan tahun ini ada perubahan, sehingga progres kegiatan itu tidak lagi diujung akhir tahun. Yang akibatnya nanti kepala OPD menambah 50 hari kerja ke rekanan untuk menyelesaikan kegiatan, seperti tahun kemarin proyek jembatan Sail di Dinas PUPR,” ujarnya.

Apalagi menurutnya Presiden berharap melalui masukan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Banyak uang kabupaten/kota dan provinsi pada bulan November dan Desember ada sebesar Rp220 triliun.

“Saat bincang-bincang dengan ibu Sri Mulyani beberapa waktu lalu, kondisi ini sebenarnya karena progres pencairan anggaran kita lambat. Kerena pekerjaan kegiatan bulan Oktober, November dan Desember baru nampak realisasinya,” ungkapnya.****adv