Menpan RB Puji MPP Pekanbaru, Dinilai Mampu Mendorong Investasi Lokal dan Internasional

Menpan RB Puji MPP Pekanbaru, Dinilai Mampu Mendorong Investasi Lokal dan Internasional

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menghadiri kegiatan HUT Mal Pelayanan Publik (MPP) ke-1 Kota Pekanbaru, Rabu (11/3/2020). Menteri Tjahjo Kumolo juga meresmikan perluasan MPP pada Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil.

Dikesempatan itu, Menteri Tjahjo Kumolo memuji pelayanan MPP. Hal ini selain memudahkan masyarakat dan pengusaha dalam pengurusan perizinan.

Disamping itu, juga dapat menjadi inovasi dalam upaya memberikan layanan berkualitas dan mendorong investasi lokal dan internasional. Inovasi ini mesti ditiru Kabupaten/Kota di Indonesia.

Namun untuk membuat MPP ini, kata Tjahjo Kumolo membutuhkan komitmen pemimpin yang mampu membangun koordinasi dan komunikasi kepada berbagai pihak.

“Di usia pertama¬†ini, kita harap MPP tidak semata hanya untuk penyederhanaan birokrasi saja, tetapi juga percepatan untuk mengambil sebuah keputusan. Kita harus memberi keleluasaan dan sesuatu yang cepat apabila masyarakat membutuhkan layanan publik,” ujarnya.

Pejabat tamu undangan

Disamping layanan, kata Tjahjo, MPP juga dapat menekan angka korupsi dengan layanan transparan.

Atas kesuksesan pelayanan MPP Kota Pekanbaru ini, Tjahjo berharap pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih ditingkatkan. Apalagi saat ini pelayanan Dukcapil sudh ada di MPP.

Sementara itu, Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa MPP yang merupakan pengembangan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu  dikombinasikan dengan penggunaan teknologi informasi sehingga tersedia pelayanan publik yang lebih mudah diakses dan menambah unsur kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan.

“Keberadaan MPP Kota Pekanbaru telah diintegrasikan dengan berbagai pelayanan lainnya termasuk dengan adanya layanan Kependukukan dan Pencatatan Sipil sehingga seluruh urusan pelayanan dilakukan dengan satu pintu,” lanjut Wagubri.

Dengan adanya layanan baru ini (Dukcapil) di MPP, Wagubri mengajak agar nantinya bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen yang dibutuhkan.

Disisi lain, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menjelaskan bahwa saat ini layanan di MPP Kota Pekanbaru sebanyak 32 layanan. Diharapkan masing masing layanan dapat memberikan pelayanan yang maksimal, dan terus meningkat.

“MPP Kota Pekanbaru telah menjadi sebuah percontohan sebagai MPP terlengkap dan terbaik se-Indonesia. Kami akan terus melakukan inovasi dan peningkatan dalam layanan terhadap masyarakat yang nantinya bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Pekanbaru,” tegasnya.

Hadir dalam peresmian itu, Dirjen Dukcapil Kemndagri RI, Zudan, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Imam Setya Effendi, Wakil Walikota Pekanbari, Ayat Cahyadi serta Forkopimda dilingkungan Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.***(ADV)