Bawaslu Lantik 106 Anggota PKD Pelalawan

Pelalawan(SegmenNews.com)- Sebanyak 118 anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) yang lulus seleksi pada penerimaan tanggal 16 Februari hingga 6 Maret 2020 lalu, beransur dilantik. Pada hari ini 13 Maret 2020 Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan melantik sekitar 106 anggota PKD se-Kabupaten Pelalawan.

Dari 106 anggota PKD terdiri dari 11 Kecamatan yang ada di 12 Kecamatan yang ada di Pelalawan yakni Kecamatan Pengkalan Kerinci, Bunut, Teluk Meranti, Langgam, Pelalawan, Kuala Kampar, Pangkalan Kuras, Pangkalan Lesung, Bandar Petalangan, Bandar Seikijang, dan kerumutan yang dilantik, sedangkan 1 Kecamatan lagi yakni, Kecamatan Ukui akan dilaksanakan pada esok hari Sabtu 14 Maret 2020.

Ketua Bawaslu Pelalawan, Mubrur, kepada SegmenNews.com mengatakan pelantikan 118 PKD yang dilaksanakan itu, sesuai timeline bakal dilantik mulai dari tanggal 13-20 Maret 2020. Namun, karena adanya kekurangan anggota, maka pada hari ini, pihaknya belum bisa melaksanakan semua PKD yang ada di Kabupaten Pelalawan.

“Sesuai timeline kita pelantikan akan dilaksanakan hingga 20 Maret 2020 mendatang, karena kita pada hari ini penuh mulai dari pagi hingga malam di 11 Kecamatan semua komisioner dan sekretariat Bawaslu. Jadi ada satu Kecamatan, yakni Kecamatan Ukui yang bakal kita laksanakan pelantikan 12 anggota PKD nya besok,” terang Mubrur.

Sejauh ini, tambahnya, belum ada kendala yang berarti, karena menurutnya waktu timelinenya masih panjang, walaupun ada beberapa Kecamatan yang melaksanakan perpanjangan prnetimaan kemarin, namun demi memaksimalkan persiapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Tahun 2020 pada Pilkada serantak ini, pihaknya sengaja mempercepat waktu dan semua kegitan bisa semakin matang.

“Kendala memang belum ada yang berarti, karena waktu masih panjang juga ya. Akan tetapi sengaja Pelantikan 118 anggota ini segera kita rampungkan, agar semua bentuk pengawas sesuai UU No. 7 tahun 2017 itu, bisa kita laksanakan secara maksimal. Bahkan malam ini juga ada beberapa Kecamatan yang masih melaksanakan Bimtek bagi anggota PKD yang baru dilantik ” ujar Mubrur.

Dalam hal ini, pihaknya juga tidak lupa mengucapkan selamat kepada anggota PKD yang sudah dilantik hari ini. “Selamat kepada anggota PKD yang dilantik, semoga bisa melakukan pengawasan dan bekerjasama yang baik,” pesan Mubrur, didampingi Ketua Panwascam Pangkalan Kerinci Dedi Firmansyah serta anggota Mohammad Said, Novita Sari pada pelantikan anggota PKD di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.***(Ris)