Ini Data Perkembangan Covid-19 Pelalawan Hari Ini

Pelalawan(SegmenNews.com) – Ini data perkambangan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau virus corona per tanggal 6 April 2020 di 12 Kecamatan se Kabupaten Pelalawan, Riau, pagi ini.

Jumlah kasus dalam pemantuan (ODP) sampai pagi ini berjumlah 656 orang, untuk jumlah kasus pasien dalam pengawasan (PDP) 11 orang, sedangkan jumlah pasien terinfeksi positif Covid-19 atau virus corona ada 2 kasus.

“Dari jumlah kasus ODP 656 orang, 123 orang sudah dinyatakan selesai pemantauan. Sedangkan kasus PDP 11 orang, 4 diantaranya sudah negatif setelah keluar hasil swab dari laboratorium kemenkes dan diperbolehkan pulang. Untuk 7 pasien lainnya saat ini masih di rawat menjelang keluar hasil pemeriksaan swabnya,” ujar Ketua gugus tugas Covid-19 Pelalawan, HM Harris, didampingi Tim, Zardewan, Asril, dan Hendry Gunawan, Senin, 6 April 2020 pagi.

Selain itu, Jubir gugus tugas, Asril menambahkan, untuk Pasien potitif 2 orang yang merupakan suami istri, yang mana suaminya berinisial JG (58) dan Istrinya inisial (RBT). Dalam perkembangannya JG dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah terjangkit dari istri korban yakni RBT. Sedangkan tiga anak dari pasangan suami istri (Pasutri) JG dan RBT saat ini di Isolasi di Rumah Sakit dan sudah berstatus PDP.

Sementara itu, untuk data per Kecamatan di Kecamatan di 12 Kecamatan di Kabupaten Pelalawan, peningkatan signifikan terjadi pada kasus ODP, karena didominasi TKI dan mahasiswa yang pulang dari luar negeri seperti dan daerah yang termasuk zona merah atau red area.

Ditambah saat ini, untuk penetapan kasus ODP tidak lagi memenuhi unsur seperti mengalami batuk, flu, deman dan sesak nafas. Tetapi siapa saja yang pulang ke luar negeri dan luar daerah yang masuk kategori zona merah sudah dinyatakan ODP.

“Kasus per Kecamatan seperti Pangkalan Kerinci, kasus ODP 206, PDP 8, dan Positif 2 orang. Langgam, kasus ODP 4 orang. Bandar Seikijang, kasus ODP 27 orang. Pelalawan, kasus ODP 29 orang. Bunut, kasus ODP 17 orang. Pangkalan Kuras, kasus ODP 48, PDP 1 orang. Bandar Petalangan, kasus ODP 23, PDP 1 orang. Pangkalan Lesung, kasus ODP 52 orang. Ukui, kasus ODP 76, PDP 1 orang. Kerumutan, kasus ODP 40 orang, Teluk Meranti, kasus ODP 15 orang. Kuala Kampar, kasus ODP 119 orang,” beber, Asril.

Dengan perkembangan ini, pihaknya dari gugus tugas Covid-19 Pelalawan, kembali untuk tidak panik dan tetap jaga kesehatan sesuai anjuran protokol kemenkes dan himbuan pemerintah.

“Selalu jaga kesehatan dengan makanan yang bervitamin, seperti buah sayur dan lainnya. Jaga jarak, rajin olah raga dan selalu di rumah jika tak ada keperluan yang mendesak untuk keluar,” pungkas, Bupati Harris.***(riz)