Pemkab Siak Siapkan 328 Ruangan Isolasi Penderita Covid-19

Siak(SegmenNews.com)- Terbatasnya ruangan isolasi untuk pasien Covid-19 di RSUD Tengku Rafian Siak, pemerintah Kabupaten Siak memanfaatkan sejumlah gedung sebagai ruang isolasi. Ada 328 ruangan isolasi yang disiapkan untuk mengantisipasi meningkatnya terus jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona.

Bupati Siak, Alfedri mengatakan saat ini jumlah ruangan isolasi yang disediakan mencapai 328 kamar. Itu diantaranya 24 ruangan di RSUD Siak, 50 ruangan Cadangan di Asrama Haji Siak, 4 ruangan di Rumah Sakit tipe D Tualang dan 10 ruangan di Rumah Sakit tipe D Minas.

“Selanjutnya, 30 ruangan di Balai Latihan Kerja (BLK) Siak, 10 ruangan di PT Ivomas Kandis dan yang paling banyak itu di PT IKPP Perawang, ada 200 ruangan isolasi,” kata Bupati Siak kepada wartawan, Senin (20/4/2020).

Dijelaskan Bupati, ada beberapa ruangan isolasi yang sarananya masih dalam penyempurnaan. Sejumlah perusahaan turut membantu pengadaan sarana tersebut, seperti kasur untuk di Puskesmas Tualang.

“Meski belum terjadi lonjakan angka kasus PDP, saya berharap semua ruangan isolasi tadi jangan dulu dipakai untuk yang lain sebelum wabah ini benar-benar tidak ada lagi,” kata Bupati Siak Alfedri, lansir goriau.

Berdasarkan data yang ada di website gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, sampai saat ini ada 17 orang PDP Covid-19 di Siak termasuk satu orang perawat di RSUD Tengku Rafian yang sebelumnya merawat pasien dalam pemantauan.

“PDP yang sedang dirawat saat ini ada 9 orang. Sementara yang meninggal 3 orang dan telah sembuh 5 orang. Sementara yang positif Corona berdasarkan hasil swab sampai saat ini 1 orang warga Kecamatan Kandis,” imbuhnya lagi.

Sementara orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Siak hingga hari ini sudah mencapai 2.587 orang. 39 ODP tidak ada gejala, 1.142 proses pemantauan dan 1.406 selesai pemantauan.

“Dengan kepatuhan masyarakat terhadap himbauan pemerintah, maka jumlah ODP di Kabupaten Siak terus saja berkurang setiap harinya. Kita berharap wabah ini segera berakhir, masyarakat diharapkan di rumah saja dan hidup bersih,” tandasnya lagi. (adv)