Sekda Lantik Damri Poti Sebagai Kadis Perpustakaan dan Arsip Rokan Hulu

Rokan hulu – Mewakili Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si secara resmi melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu. Pejabat Eselon II yang dilantik tersebut H. Damri Poti S.Sos M.Ap sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rohul.

Pelantikan pejabat Eselon II ini sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Rohul H. Sukiman Nomor : Kpts.821.22/BKPP-MT/461/2020 tentang Pengesahan Pengangkatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Eselon II dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

Pelantikan Pejabat Eselon II itu dipusatkan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Rohul, Pasir Pengaraian, Selasa (5/5/2020), yang dihadiri juga Kepala BKPP Rohul Fhatanalia Putra, Inspektur Inspektorat Rohul Helfiskar SH MH dan Asisten III Administrasi Umum Edi Suherman SH.

Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengatakan pelantikan Pejabat Eselon II ini merupakan hasil Asesmen pada tahun 2019 lalu, yang telah mendapat izin dan persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Hari ini kita melaksanakan Pelantikan pejabat tinggi Pratama eselon 2 yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rohul. Pelantikan ini sesuai dengan Pelaksanaan Asesmen yang sudah kita lakukan beberapa bulan yang lalu di tahun 2019,” ujarnya

“Kemarin kita juga sudah mendapatkan izin dari KASN dan Kemendagri untuk melakukan pelantikan karena ini jabatan kosong di Perpustakaan dan Arsip, jadi kita laksanakan pelantikan pada hari ini,” kata Sekda Abdul Haris

Diakui Sekda, Pemkab Rohul juga telah mengajukan 2 (dua) izin ke Kemendagri dan KASN untuk melantik 2 pejabat Jabatan Tinggi Pratama, namun untuk Bappeda belum turun izinnya.

“Sehingga kita masih menunggu izin tersebut baru kita nanti boleh melakukan pelantikan, ini sesuai dengan diadanya rencana Pemilukada dilaksanakan bulan September, sehingga enam bulan sebelumnya kan tidak dibolehkan pelantikan Kecuali ada izin dari Kemendagri dan KASN,” jelasnya

“Jadi kita mendapat izin baru untuk satu jabatan yaitu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, untuk Bappeda kita masih menunggu izin tersebut baru dilaksanakan pelantikan. Untuk di Rokan Hulu saat ini yang masih kosong itu Bappeda, mudah-mudahan nanti dalam waktu dekat kita mendapatkan izin untuk pelantikan,” harapnya

Sekda menjelas prosesi pelantikan ini tetap mengedepankan Protokol Kesehatan dalam pencegahan Covid-19 dengan melakukan Physical Distancing dan memakai Masker. Abdul Haris juga mengucapkan selamat kepada Damri Poti yang dilantik sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rohul.

“Untuk tugas dan kewajiban sudah termaktub dalam Fakta Integritas yang sudah dibacakan tadi. Figur pak Damri ini sudah tidak kita ragu lagi bisa menambah amunisi baru Rohul. Buat lah program dan terobosan untuk meningkatkan minat masyarakat. Buku itu Jendelanya dunia, jadi tolong pintunya dibuka lebar agar masyarakat cerdas,” pintanya.

Sekda juga meminta kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rohul yang dilantik meningkatkan Program Pustaka Digital dan Pustaka Keliling.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Rohul H. Damri Poti S.Sos M.Ap mengatakan salah satu program yang dirancang kedepannya bagaimana meningkatkan minat baca anak dan baca masyarakat.

“Tentunya kedepannya dengan kekurangan kami bisa membuat terobosan dan program untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Sementara untuk di kantor itu kita sudah buka Pustaka setiap hari kerja bahkan hari Minggu. Kemudian untuk meningkatkan wawasan masyarakat bisa mengakses pustaka digital,” katanya

“Kita Bisa menengok Bagaimana banyaknya buku yang kita sediakan di perpustakaan itu Kalau tidak salah sampai hari ini mungkin 1000 judul yang bisa diakses, hal itu untuk meningkatkan minat baca, selain itu juga ada pustaka keliling kita ada 2 mobil operasional hampir setiap hari ini turun ke sekolah-sekolah yang ada mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA. (adv/Pemkab Rohul)