Putus Rantai Covid-19, Pemda Inhu Tunda Beberapa Kegiatan di Dispora

Putus Rantai Covid-19, Pemda Inhu Tunda Beberapa Kegiatan di Dispora

Inhu(SegmenNews.com)- Akibat pandemi virus Corona atau Covid-19 beberapa kegiatan olahraga di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau ditunda. Penundaan kegiatan di Dispora disampaikan Gugus Tugas Covid-19 saat Press Release percepatan penanggulangan Covid-19.

” Ketua Gugus Tugas Covid-19, Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE melalui Jubir Gugus Tugas Covid-19 Inhu, Jawalter S. MPd Kadis Kominfo menyampaikan,” Berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan (Diskes) Inhu tanggal 5 Mei 2020.

Terdapat ODP kumulatif dari tanggal 22 Maret sampai 5 Mei 2020 sebanyak 408 orang dengan rincian ODP dalam pemantauan 26 orang (6,37%), dan ODP selesai pemantauan 382 orang (93,63%).

Untuk ODP yang di periksa Rapid sebanyak 303 orang, dengan Hasil Rapid, Negatif 302 orang, dan Positif (Reaktif) 1 orang, OTG 45 orang.

Sedangkan untuk Kumulatif pelaku perjalanan (PP) dari tanggal 28 Maret sampai 5 Mei 2020 sebanyak 4.043 orang, dengan rincian PP dalam pemantauan 668 orang (16,52%), dan PP selesai pemantauan 3.375 orang (83,48%).

Putus Rantai Covid-19, Pemda Inhu Tunda Beberapa Kegiatan di Dispora

Sedangkan Total PDP 3 orang, dengan PDP masih di rawat 2 orang,PDP sehat dan pulang 1 orang, dan Positif COVID -19 (Konfirmasi ) 1 orang.

Pemerintah Kabupaten Inhu melalui Diskes menyampaikan protokol kesehatan, Kedatangan sampai rumah dari bepergian, dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Buka sepatu dipintu sebelum memasuki rumah
2. Semprotkan disinfektan pada barang yang dibawa
3. Buang semua benda yang tidak dibutuhkan
4. Jangan menyentuh apa pun
5. Masuk rumah langsung cuci tangan dan kaki dengan sabun.
6. Buka pakaian dan langsung cuci dengan detergen.
6. Jangan langsung beristirahat
7. Langsung mandi pakai sabun.

” Sementara untuk Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Inhu terdapat beberapa event yang dibatalkan dan ditunda karena Pandemi Covid-19.

1. Bidang kepemudaan : Kemah Pramuka dan Seleksi Paskibra tingkat Kabupaten

2. Bidang Olahraga : Kegiatan Olahraga dimasyarakat yang telah direncanakan akan ditunda dan dibatalkan Pengiriman atlet untuk mengikuti Kejurda, Kejurprov, Kejurwil, dan Kejurnas dibatalkan Bimtek bagi Pelatih, official, dan wasit dibatalkan dan beberapa kegiatan yang ditunda.

Bidang Pariwisata: Event pacu sampan, Event Vestifal Bukit Tigapuluh, Pemilihan Bujang Dara tingkat kabupaten, Destinasi Objek Wisata semuanya ditutup.”singkat Jubir Gugus Tugas Covid-19.

Sementara itu, Plt Dispora Inhu, Syahruddin menerangkan,” Dalam Pandemi Covid-19 berbagai kegiatan olahraga di tiadakan dan tempat-tempat wisata yang ada di Inhu, baik milik pemerintah ataupun milik perorangan sudah di tutup.

Penutupan tempat wisata ini sipatnya sementara selama Pandemi Covid-19, sedangkan kegiatan olahraga atau pengiriman atlet untuk mengikuti Kejurda, Kejurprov, Kejurwil, Kejurnas dan Bimtek bagi Pelatih, official, dan wasit di batalkan.”pungkasnya,**(Adv/HR)