Ditengah Pandemi, Pencegahan Karhutla Tetap Dilaksanakan

Meranti(SegmenNews.com)- Di tengah Pandemi Covid-19, pencegahan penanganan Karlahut tetap di laksanakan di wilayah koramil 02/Tebingtnggi, Desa Tanjung Gadai, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Senin 1 Juni 2020.

Kodim 0303/Bengkalis Koptu Herman Sahputra, bekerjasama dengan apartur Desa, Damkar dan BPBD, melaksanakan kegiatan Patroli Karlahut.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan terutama di wilayah yang merupakan daerah gambut Khususnya di Desa Tanjung Gadai, kecamatan Tebingtinggi Timur, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Babinsa mengajak MPA, BPBD dan Damkar yang merupakan mitra dalam setiap penanganan karlahut.

“Upaya mencegah terjadinya karlahut di tempat atau daerah yang sering terjadi kebakaran memang menjadi sasaran patroli untuk meminimalisir adanya karlahut.”Imbuhnya

Koptu Herman Sahputra, menghimbau kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar yang dapat merembet hingga api tidak bisa terkendali dan mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Maka dari itu Babinsa Mengajak masyarakat saling menjaga dan peduli akan hutan agar mengurangi terjadinya karlahut di Riau ini.

Dalam melaksanakan kegiatan Patroli Karhutla ini, Koptu Herman Sahputra juga berkesempatan memberikan himbauan dan sosialisasi terhadap bahaya, hukum dan sanksi bagi yang membakar lahan maupun hutan.

“Himbauan dan sosialisasi ini dimaksudkan agar masyarakat paham bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, apalagi membuka lahan dengan cara dibakar. Hal ini sangat bertentangan dengan peraturan dan itu merupakan pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan,”ucapnya lagi.

“Dengan dilaksanakannya patroli rutin dan sosialisasi Karhutla kepada masyarakat diharapkan dapat mencegah dan meminimalisir kemungkinan akan terjadinya bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan,”tutupnya.***(Ags)